CONTOH LKS MATEMATIKA

MODEL PEMBELAJARAN

DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Nama sekolah              : ………………………………..

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas/Semester            : VII/Satu

Alokasi Waktu            : 4× 40 menit( Dua kali pertemuan)

A.   Standar Kompetensi.

Menggunakan konsep skala dan perbandingan di dalam pemecahan masalah.

 

B.   Kompetensi Dasar.

Memahami pengertian skala dan perbandingan, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

C. Indikator Pencapaian Kompetensi.

1.      Siswa dapat memahami konsep tentang perbandingan dan skala.

2.      Siswa dapat menggunakan konsep perbandingan dalam menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

3.      Siswa dapat menggunakan konsep perbandingan dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari- hari.

4.      Siswa dapat memahami hubungan antara perbandingan dan pecahan.

5.      Siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan perbandingan seharga dan berbalik harga.

 

D. Tujuan Pembelajaran.

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

1.      Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

2.      Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

3.      Menerapkan konsep perbandingan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari

4.      Menjelaskan hubungan perbandingan dan pecahan.

5.      Menyelasaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga dan berbalik harga.

E.   Kemampuan Prasyarat.

Kemampuan prasyarat yang seharusnya dikuasai siswa sebelum belajar kompetensi dasar ini adalah siswa sudah dapat memahami tentang operasi hitung pecahan.

 

F.    Materi Pembelajaran

Perbandingan.

G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran.

1.Pendekatan pembelajaran Kooperatif tipe STAD.

2.Metode pembelajaran: ceramah, diskusi kelompok, penugasan, serta tanya jawab.

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.

1. Kegiatan pendahuluan.

a.       Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh setiap siswa.

b.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pembelajaran kooperatif tipe STAD).

c.       Melalui  tanya jawab antara guru dan siswa, maka guru dapat  mengecek kemampuan prasyarat yang telah dimiliki oleh siswa (pengecekan kemampuan prasyarat terlampir).

2. Kegiatan inti.

    1. Guru memberikan informasi dengan metode pembelajaran langsung mengenai pengertian skala sebagai suatu perbandingan, pengertiann perbandingan,menghitung,faktor perbesaran dan pengecelan pada gambar berskala, penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehara-sehari. Menyelasaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga dan berbalik harga.
    2. Guru menginformasikan pengelompokan siswa (setiap kelompok terdiri dari 4 sampai dengan 5 siswa yang kemampuannya heterogen dan membentuk kelompok belajar dengan anggota tiap kelompok seperti yang telah diinformasikan guru.
    3. Guru membagikan bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap kelompok sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu siswa yang mengalami kesulitan dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.
    4. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai fasilitator.
    5. Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual.
    6. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok melalui skor penghargaan,berdasarkan perolehan nilai peningkatan individual dari skor dasar ke skor berikutnya setelah mereka melalui kegiatan kelompok.

3. Kegiatan penutup.

    1. Guru menunjuk siswa secara acak, untuk menyampaikan pengalamannya selama proses diskusi serta kuis yang diberikan baik secara individu maupun kelompok
    2. Guru meminta salah seorang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dari hasil diskusi yang telah dilakukan.
    3. Guru memberikan tugas atau pekerjaan rumah kepada siswa.

I.       Sumber Belajar

    1. Buku Matematika Jilid I kelas VII.
    2. Bahan diskusi dalam kelompok
    3. Kuis individual
    4. Pengecekan kemampuan prasyarat oleh guru
    5. Bahan pekerjaan rumah.

J. Penilaian Hasil.

    1. Penilaian hasil belajar siswa mencakup nilai aspek pemahaman konsep dari kuis individual yang dikerjakan setiap siswa.
    2. Nilai akhir kompetensi dasar(KD) = 50 % nilai kuis individual + 50 %  nilai pekerjaan rumah.
    3. Siswa yang nilai akhir Kometensi Dasarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) diberi fasilitas pembelajaran remedi dan dilakukan penilaian setelah pembelajaran remedi. Teknis pembelajaran dan penilaian setelah remedi disesuaikan dengan kondisi pencapaian hasil belajar siswa sekelas. Kemudian Nilai akhir Kompetensi Dasar (KD) ditentukan oleh hasil penilaian remedi terebut.

Lampiran: Bahan Materi Pengecekan Prasyarat

 

1.Tentukan hasil dari:

  1.  ´ 6
  2.  ´ 200
  3.  ´
  4.  ´

Jawab:

  1. ……………………………………………….
  2. ……………………………………………….
  3. ……………………………………………….
  4. ……………………………………………….

2. Sederhanakanlah bentuk pecahan dibawah ini!

  1. 1 :
  2. 2 : 1

Jawab:

  1. …………………………………………
  2. …………………………………………
  3. …………………………………………
  4. …………………………………………

Lembar Kerja Siswa

 

Topik                : Menggunakan konsep skala dan perbandingan di dalam pemecahan masalah

Kelas/semester: VII/Satu

Anggota Kelompok   :

1.

2.

3.

4.

5.

Petunjuk

  1. Pelajari Lembar Kerja Siswa tentang memahami pengertian skala sebagai suatu perbandingan serta penggunaannya dalam memecahkan masalah, secara berdiskusi dengan teman-teman sekelompokmu.
  2. Diskusikan dan bahas secara bersama soal- soal serta permasalahan yang ada pada kelompokmu, jika dalam kelompokmu menemukan kesulitan dan tidak menemukan jawaban dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, coba  tanyakan pada gurumu.
  1. 1.        Pengertian skala sebagai suatu perbandingan

Pernakah kamu melukis sebuah lemari  yang ada di rumahmu? (……………………………………….), apakah ukuran panjang, lebar, dan tinggi lemari yang kamu lukis pada bukumu sama dengan panjang, lebar dan tinggi lemari sebenarnya?(………………………………………..), bagaimanakah cara kamu menentukan panjang, lebar dan tinggi dari lemari tersebut pada lukisanmu agar sesuia dengan ukuran lemari yang sebenarnya? (……………………………………………). Setelah kamu selesai melukis lemari tersebut dengan ukuran yang kamu sesuaikan dengan ukuran lemari yang sebenarnya, cobalah kamu bandingkan ukuran panjang, lebar, dan tinggi tersebut dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi lemari sebenarnya, sehingga terbentuk suatu perbandingan antara ukuran pada gambar dengan ukuran yang sebenarnya.

Ukuran Pada gambar

Ukuran sebenarnya

Panjang
Lebar
tinggi

Kemudian tulislah dalam bentuk perbandingan di bawah ini!

  1.  =
  2.       =
  3.     =

Jadi dari percobaan atau permasalahan di atas apakah yang kamu ketahui tentang skala dan bagaimanakah menurutmu penulisan bentuk suatu perbandingan apakah sama dengan penulisan bentuk pada suatu pecahan?

Jawab:

………………………………………………………………………………….

Selanjutnya cobalah perhatikan contoh berikut!

Bumi adalah salah satu dari sembilan planet utama yang mengorbit mengelilingi matahari dalam sistem tata surya nama – nama planet menurut jarak terdekat dari Matahari adalah; Markurius,Venus,Uranus, Neptunus,dan Pluto. Jarak Markurius dengan Matahari adalah 36 juta mil. Apabila perbandingan jarak antara Matahari dan Bumi dengan perbandingan jarak antara Matahari dan Markurius adalah 12:31, maka berapakah jarak sebenarnya antara Bumi Dan Matahari?

Jawab:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. 2.        Perhatikan gambar di bawah ini

   WC

                 k. mandi

dapur               ruang makan

kamar tidur

kamar tidur utama                          ruang tamu

Gambar di atas menunjukkan denah sebuah rumah dengan skala 1:100.

dengan mengukur bagian-bagian dari denah, dengan menggunakan penggaris, tentukanlah ukuran sebenarnya dari:

  1. Ukuran rumah
  2. Luas rumah
  3. Ukuran ruang tamu
  4. 3.        Perhatikanlah pernyataan-pernyataan di bawah ini!
    1. Jika diketahui berat badan Saimah melebihi berat badan Fijra,dan berat badan Dian melebihi berat badan Saimah,maka apakah berat badan Fijra melebihi berat badan Dian?

Jawab:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Pak Dian mempunyai dua orang anak yaitu Saimah dan Fijra, umur Fijra dua tahun dan umur Saimah dua tahun.maka berapakah selisih umur antara Saimah dan Fijra dan berapa kali umur Saimah kah umur Fijra?

Jawab:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Dalam menyambut ulang tahun kelahiran anaknya,seoarang ibu memperkirakan untukmenjamu 24 orang membutuhkan beras sebanyak 6 kg.jika ibu itu ingin mengundang 36 orang,berapakah beras yang harus di sediakan oleh ibu tersebut?

Jawab:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. 4.        Perhatikan macam-macam perbandingan berikut
    1. Perbandingan seharga atau senilai

Perhatikan tabel berikut!

Banyak buku

Harga rupiah

Keterangan

1

21.000

Baris ke-1

2

42.000

Baris ke-2

3

63.000

Baris ke-3

4

84.000

Baris ke-4

Dari tabel di atas buatlah perbandingan antara banyak buku pada dua baris tertentu,dan juga perbandingan antara besar harga buku pada dua baris tertentu sepertiberikut ini!

  1. Perhatikan baris ke-2 dan baris ke-4

=……………………….

=………………………..

  1. Buatlah perbandingan antara baris ke-3 dan baris ke-4

=……………………..

=………………………

Berdasarkan jawaban kegiatan di atas, ternyata nilai perbandingan antara ………………………………….., dan antara………………………….,pada dua baris tertentu selalu…………………………..,maka perbandingan seperti itu disebbut…………………….

.

  1. Perbandingan berbalik hharga atau berbalik nilai

Perhatikan tabel berikut!

Kecepatan ( km/jam )

Waktu ( jam)

keterangan

40

6

Baris ke-1

60

4

Baris ke-2

80

3

Baris ke-3

120

2

Baris ke-4

Dengan menggunakan tabel di atas, buatlah perbandingan kecepatan pada dua baris tertentu, dan juga perbandingan waktu yang di perlukan pada dua baris tertentu!

  1. Perhatikan baris ke-2 dan ke-3

=……………….=…………………

=…………………

Maka, bilangan  merupakan kebalikan dari

  1. Berdasarkan cara seperti di atas,buatlah perbandingan bariske-2 dan ke-4

…………………………………..

……………………………………

…………………………………..

…………………………………..

Maka, berdasarkan kegiatan di atas buatlah kesimpulannya?

Jawab:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tes Individual

 

Kerjakan soal-soal berikut ini!

1)      Dua kota berjarak 120 km. Jika kedua kota itu di gambar pada peta dengan skala 1:800.000, tentukanlah jarak kedua kota tersebut terhadap peta!

Jawab:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2)      Sebidang tanah di gambar dengan skala 1:300, jika ukuran tanah pada gambar adalah 20 cm ´ 15 cm,tentukan luas tanah sebenarnya!

Jawab:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3)      Uang Nanang lebih Rp6.000,00 dari uang Dian, perbandingan uang Nanang dan uang Dian adalah 8:5,tentukanlah besar uang masing-masing!

Jawab:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4)      Tentukan nilai bilangan 120 setelah diperbesar dengan perbandingan berikut!

a)      6 : 8

b)      8 : 3

c)      20 : 17

d)     60 : 53

Jawab:

a)      ………………………………………………………………………………………………

b)      ………………………………………………………………………………………………

c)      ………………………………………………………………………………………………

d)     ………………………………………………………………………………………………

5)      Sederhanakanlah perbandingan-perbandingan berikut!

a)      18 : 72                 =…………………………………………………………………..

b)      2 : 1                  =…………………………………………………………………..

c)      25 cm : 1 cm        =………………………………………………………………….

d)     200 gr : 7 kg         =………………………………………………………………….

e)      35 menit : 1 jam  =…………………………………………………………………

6)      Jika harga 5 buah buku tulis adalah Rp.6.000,00 berapakah harga dua lusin buku tulis itu?

Jawab:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

7)      Pada perbandingan-perbandingan berikut, a : b berbalik harga dengan p : q

a)      Jika a : b = 4 : 5 dan q = 16,hitunglah p!

b)      Jika p : q = 8 : 5 dan b = 32, hitunglah a!

Jawab:

a)      ………………………………………………………………………………………………

b)      ………………………………………………………………………………………………

8)      Seorang pekerja setiap 4 jam memperoleh upah Rp17.000,00. Berapakah upah yang diterima pekerja itu jika ia bekerja selama 7 jam?

Jawab:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

9)      Untuk menempuh jarak dari kota T ke kota M dengan mengendarai mobil diperlukan waktu 5 jam dengan kecepatan rata-rata 72 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan waktu untuk menempuh jarak itu, jika ecepatan rata-ratanya 80 km/jam?

Jawab:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

10)  Sebuah konveeksii mendapat pesanan membuat baju dengan jangka waktu 80 hari. Untuk memenuhi pesanan tersebut, konveksi itu memerlukan tenagasebanyak 315 orang. Setelah bekerja selama 25 hari pekerjaan itu berhenti selama 10 hari. Berapa banyak pekerja yang harus di tambah agar pesanan baju itu dapat diselesaikan dalam waktu yang tellah ditentukan.

Jawab:

…………………………………………………………………………………………………………

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: